5 Kemampuan Menjaga Gawang yang Wajib Dimiliki Seorang Kiper Sepak Bola

5 Kemampuan Menjaga Gawang yang Wajib Dimiliki Seorang Kiper Sepak Bola

Sepak bola telah tumbuh menjadi olahraga terbesar sedunia. Tidak ada orang yang tak mengenal olahraga ini. Namun ironisnya, seringkali aktor sepak bola yang populer hanya dipegang oleh para striker maupun midfielder. Padahal peran kiper sangat vital, yakni menjaga gawang dari kebobolan sepanjang permainan. Oleh karena itu, sebagai kiper, Anda wajib memiliki 5 kemampuan menjaga gawang. Apa saja?

Kemampuan Intuisi

Kemampuan ini bukanlah bakat murni, tetapi bisa dilatih. Caranya dengan sering-sering menebak arah bola saat latihan. Di sini tingkat kewaspadaan Anda akan diuji. Seberapa waspada Anda pada pergerakan kaki lawan, mata lawan, hingga gerakan kecil seperti tarikan tangan dan kaki sebelum menendang bola. Semakin tajam intuisi Anda, semakin bagus.

Kemampuan Melompat

Kemampuan ini juga wajib dimiliki Anda kalau mau jadi kiper yang hebat. Syarat khusus untuk menjadi kiper memang harus punya tubuh tinggi. Tubuh yang tinggi nantinya bisa memudahkan seorang kiper saat berhadapan dengan bola-bola tinggi. Latihan agar lompatan lebih tinggi bisa dengan leterral jump, squat jump, dan semua teknik jumping.

Kemampuan Daya Tahan Fisik

Tak mengherankan kalau ada orang bilang kalau seorang kiper itu jadi aktor lapangan sepak bola yang paling babak belur. Bayangkan saja, saat gawangnya dibombardir, ia harus rela berkali-kali menjatuhkan diri. Bisa menahan berbagai jenis tendangan. Saat corner kick dilancarkan, ia wajib menjadi pembeda di antara kerumumunan pemain dalam kotak pinalti.

Kemampuan Berkomunikasi dengan Tim

Komunikasi ini paling vital di antara semua kemampuan yang ada. Sebuah permainan sepak bola memerlukan komunikasi yang bagus agar tidak menciptakan salah paham. Berapa banyak defender melakukan bunuh diri gara-gara hilang komunikasi dengan kiper? Bahkan setiap momen gol selalu dicatat dalam sejarah.

Keberanian di Atas Rata-Rata Pemain Lain

Seorang kiper diwajibkan memiliki keberanian yang tinggi. Kemampuan ini masih berkaitan dengan intuisi. Namun yang perlu disoroti adalah bagaimana seorang kiper saat memutuskan tindakan. Ada saat-saat krusial yang menjadi pertimbangan kiper di seluruh dunia. Pertama, saat menghadapi free kick. Posisinya harus berada di celah yang dibuka barisan.

Kedua, saat menghadapi counter attack. Pada momen seperti ini biasanya seorang kiper akan ditinggal oleh para defender-nya. Soalnya defender, midfielder, wing, hingga striker berada di area lawan. Seorang kiper yang tidak berani keluar kotak pinalti akan mudah kebobolan. Jadi, langkah yang harus dia pilih tentu saja berlari menjemput bola.

Kemampuan ini masih merupakan kemampuan dasar. Bagi seorang kiper kalau tidak bisa memaksimalkan 5 kemampuan ini, risiko kebobolan jadi lebih besar. Terutama kalau Anda tidak bisa membaca alur serangan umpan-tarik. Serangan ini diakui oleh para kiper profesional sebagai serangan yang mematikan. Prosentase suksesnya serangan ini di atas 80%. Jadi, siap-siaplah menghadapi tantangan dunia.