5 Teknik Dasar Sepakbola dan Penjelasannya yang Bisa Membuat Anda Menjadi Pemain Bintang

5 Teknik Dasar Sepakbola dan Penjelasannya

Apakah Anda ingin menjadi pemain sepakbola hebat atau pemain bintang? Jika benar, maka salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk meraih itu semua yaitu dengan banyak berlatih, terutama berlatih teknik dasar sepakbola. Jika Anda belum tahu teknik apa saja yang harus Anda pelajari, maka jangan khawatir, di sini akan dijelaskan mengenai 5 teknik dasar sepaknola dan penjelasannya.

Passing

Dalam sepakbola, passing adalah teknik yang paling mudah. Meskipun begitu, menguasainya juga membutuhkan latihan yang banyak. Peran passing dalam permainan terbilang vital. Jika salah passing, maka bola akan direbut oleh pemain lawan, dan bisa berakibat fatal bagi tim. Pada dasarnya, passing merupakan operan bola dari satu pemain ke pemain lain (kaki ke kaki). Serangan yang baik harus didukung dengan passing yang baik.

Dribbling

Dribbling merupakan tindakan menggiring bola dengan menggunakan kaki. Tidak semua pemain bola mampu melakukan dribbling yang baik. Itu menandakan dribbling salah satu teknik yang sulit. Biasanya, pemain yang memiliki dribbling yang baik berposisi sebagai midfielder, winger, striker. Dribbling membutuhkan keseimbangan tubuh dan olah bola yang mumpuni. Oleh karena itu, banyaklah berlatih.

Crossing

Nah, teknik ini juga termasuk yang tersulit. Pada dasarnya, crossing merupakan tindakan mengumpan atau mengoper bola kepada rekan tim yang berjarak cukup jauh. Nah, karena jaraknya cukup jauh, maka dibutuhkan crossing yang akurat. Sulit untuk melakukan crossing yang akurat, bahkan pemain yang berada di Liga top pun, tidak semuanya mampu memberikan crossing yang akurat kepada rekan setimnya.

Ball Control (Penguasaan Bola)

Teknik ini kelihatannya mudah, padahal tidak. Istilah ball control dalam sepak bola yaitu menguasai bola hasil umpan dari rekan setim. Ketika rekan setim memberikan bola kepada Anda, kemudian Anda menguasai atau menangkap bola tersebut dengan baik, maka ball control Anda sudah bagus. Konteks menangkap di sini yaitu menggunakan kaki, bukan tangan. Jadi, butuh latihan ekstra untuk menguasainya.

Shooting

Biasanya, pemain yang berposisi sebagai striker, cenederung memiliki shooting yang mumpuni (keras dan akurat). Namun, pemain yang berposisi selain dari itu, semestinya juga memiliki shooting yang baik, karena sebagian besar terciptanya gol yaitu hasil dari shooting dari kaki pemain. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi top skor (pencetak gol terbanyak), maka sisihkan waktu yang lebih untuk berlatih shooting.

Itulah teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus Anda kuasai jika ingin menjadi pemain bintang. Ingat, tidak ada cara lain untuk menguasai teknik tersebut selain daripada berlatih dengan keras. Itu juga yang dilakukan oleh para pemain top dunia. Tanpa latihan, mereka tidak akan bisa menjadi pemain top. Bahkan, pemain terbaik dunia, Lionel Messi juga mengatakan hal yang sama.