5 Teknik Dasar Voli untuk Menjadi Pro Player

5 Teknik Dasar Voli untuk Menjadi Pro Player

Selain sepakbola, voli juga termasuk salah satu olahraga yang paling banyak diminati oleh kaum muda. Tak jarang, banyak kaum muda yang berlomba-lomba masuk ke dalam club voli agar bisa menjadi pemain profesional, bahkan bisa menjadi pro player atau expert di bidangnya. Agar mimpi menjadi pro player itu bisa terwujud, maka Anda harus mempelajari teknik dasar dalam bermain voli. Berikut penjelasan mengenai 5 teknik dasar voli tersebut.

Servis

Sederhanya, servis adalah langkah awal yang umum dilakukan oleh para pemain untuk memulai suatu game dalam olahraga voli. Meskipun servis hanya sebagai tindakan awal untuk memulai permainan, tapi itu bisa dijadikan sebagai sebuah attack yang bisa menghasilkan banyak poin, asalkan pemain tersebut mampu melakukannya dengan baik. Oleh karena itu, servis adalah elemen dasar yang wajib dipelajari oleh setiap pemain voli.

Pasing Bawah

Teknik dasar voli selanjutnya yang harus Anda pelajari jika ingin menjadi expert yaitu passing bawah. Sederhananya, teknik ini mengharuskan para pemain untuk menggunakan kedua lengannya untuk mengambil bola yang berada di bawah badan. Passing bawah umumnya digunakan sebagai umpan atau operan kepada teman satu tim dan juga bisa sebagai pertahanan untuk menahan smash dari pemain lawan.

Passing Atas

Berbeda dengan passing bawah, passing atas dilakukan dengan menggunakan jari tangan yang bertujuan untuk menyajikan atau mengoper bola ke rekan satu tim dan bisa juga langsung diarahkan ke tim lawan untuk mendapatkan poin. Passing atas tidak bisa digunakan sebagai benteng pertahanan untuk menangkis smash atau serangan dari lawan. Teknik ini sangat efektif untuk merebut bola yang berada di atas.

Smash

Teknik yang butuh latihan ekstra untuk menguasainya yaitu smash. Bukan tanpa alasan, teknik ini membutuhkan loncatan dan kekuatan tangan yang baik. Umumnya, teknik ini digunakan untuk menyerang tim lawan sehingga bisa mendapatkan banyak poin. Smash merupakan suatu pukulan dengan menggunakan sebelah tangan yang kemudian dihadapkan dengan bola yang mengudara secara total.

Blocking

Pada umumnya, teknik ini digunakan sebagai benteng pertahanan dalam menghadapi smash dari pemain lawan. Meskipun digunakan untuk bertahan, bukan berarti teknik ini tidak bisa digunakan untuk mendulang poin. Tak jarang, sebuah tim mampu memperoleh poin dari teknik ini, yaitu dengan mem-block smash lawan, sehingga smash tersebut justru masuk ke wilayahnya sendiri.

Itulah informasi mengenai 5 teknik dasar dalam bermain voli yang sudah seharusnya Anda pelajari jika ingin menjadi pro player atau expert dalam bidang olahraga voli. Percayalah, tidak ada pencapaian yang tidak membutuhkan usaha. Oleh karena itu, berusahalah untuk menguasai teknik tersebut, sambil mempelajari skills yang lain.